MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Bapak Suyadi - Pontianak Kalimantan Barat

Rumah Bapak Suyadi - Pontianak Kalimantan Barat

Pak Suyadi yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat menghubungi biro arsitek kami untuk desain rumah tinggalnya dan keluarga. Klien kami kali ini bisa dibilang sedikit unik, karena referensi desain yang diberikan kepada kami merupakan desain rumah konsep “Farm House”. Konsep desain farm house sendiri merupakan konsep yang dianut dari rumah-rumah di kawasan pertanian dan pedesaan di Eropa. Lahan berukuran 18x19 m2 ini didesain bangunan mezzanine (teknik menciptakan ruang dengan ketinggian yang berbeda). Posisi mezzanine terletak di bagian belakang rumah dan disesuaikan dengan fasad yang berada di tampak depan.

Luas bangunan lantai 1 yakni 167,8 m2 memiliki kebutuhan ruang seperti rumah tinggal pada umumnya di Indonesia yakni 1 master bedroom yang dilengkapi dengan kamar mandi dan walk ini closet, 1 kamar anak dan 1 kamar tamu, ruang keluarga, ruang tamu, dapur kering dan dapur basah serta carport. Untuk kebutuhan ruang lantai 1,5 (mezzanine) terdapat ruang karaoke dan ruang santai serta balkon. Untuk ruang makan dan ruang keluarga dibuat semi terbuka. Rumah pak Suyadi ini didesain tidak terlalu mepet dengan rumah tetangga, sehingga diberikan space/jarak sekitar 1 meter.

Rumah dengan konsep farm house ini memiliki kesan sederhana, material yang dominan digunakan adalah kayu. Bagian yang ditonjolkan adalah bagian fasad bangunan yang menggunakan kayu. Untuk warna dipilih warna-warna netral yakni coklat dan putih. Secara keseluruhan desain rumah ini memberikan kesan hangat dan harmonis bagi penghuninya.

 

Principal Architect   : Bondan Prihastomo

Architect in Charge : Suhijrah Willa Widodo

Text by                      : Mutiara Riska Bahar