MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Klinik Dokter Ibu Balqis - Pekalongan

Klinik Dokter Ibu Balqis - Pekalongan

Proyek ini merupakan renovasi dengan fungsi yang sama dengan sebelumnya, yaitu Klinik. Dengan luasan ruang 35m2, klien kami menyatakan bahwa ruang tersebut terasa sempit. Namun di sisi lain, beliau juga menginginkan agar tidak banyak merubah fisik utama bangunan. Kedua hal tersebut menjadi tantangan yang menarik, mengingat desain interior selalu erat dengan pengolahan lantai, dinding, dan plafon. Untuk itu, penataan ruang, pemilihan material, serta furniture yang tepat akan menjadi aspek yang lebih kami titik beratkan.

Terdapat 3 zona utama yang menjadi fokus perancangan; kamar pasien, ruang obat, serta ruang tunggu. Dengan besaran 5 x 7m, kami memanfaatkan salah satu dinding yang memiliki bukaan terbanyak sebagai kamar pasien. Sisi dengan panjang 5m tersebut kami jadikan 2 kamar yang masing-masing memiliki lebar 2m. Hal ini dilakukan agar pasien sebisa mungkin tetap mendapat area dengan kualitas cahaya dan sirkulasi udara terbaik. Sekat antar ruang menggunakan gorden yang sisi atasnya trasnparan agar tidak terkesan massif dan lebih fleksibel. Meja resepsionis yang juga bagian dari ruang obat didekatkan dengan jalur entrance. Sehingga ketika pasien masuk ke dalam ruang utama, mereka langsung mendapati ruang resepsionis untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu. Sementara itu ruang tunggu diplotting tepat bersebrangan dengan ruang obat sehingga area geraknya lebih efisien.

Warna yang diterapkan pada dinding ruang menggunakan kombinasi warna cerah. Hal tersebut disesuaikan degan eksisting lantai yang cenderung berwarna gelap, sehingga akan tercipta kesan yang lebih ringan. Dengan aksen material kayu di beberapa bagian ruang dapat dijadikan point of view seperti pada ruang resepsionis dan ruang obat. Furniture yang dipakai juga menggunakan material dan warna yang senada.