MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Interior RYN House - Bapak Ryan - Sleman, D. I. Yogyakarta

Interior RYN House - Bapak Ryan - Sleman, D. I. Yogyakarta

Desain interior memiliki kaitan erat dengan desain tiap perabot di dalam suatu ruangan, desain tiap perabot akan mendukung bagaimana estetika atau tampilan suatu ruangan secara keseluruhan. Kali ini salah satu klien yang bermukim di Mranggen, Sleman, DIY, memercayakan kami untuk mendesain empat perabot dari rumah yang sedang dibangun. Ketika melakukan survey pengukuran dan kondisi lapangan, tampilan rumah baik dari luar maupun dalam, memiliki gaya modern-kontemporer ditandai dengan bentuk rumah yang tidak memiliki banyak liku dan penggunaan warna dominan putih. Keramik yang dipilih dan dipakai di dalam rumah juga menggunakan pola heksagonal yang sedang tren.

Sebelumnya, kami sudah menerima denah rumah mengenai titik lokasi dari tiap perabot guna mendapatkan gambaran awal. Setelah itu, survey dilakukan, ketika proses diskusi, kami mencoba untuk mendapatkan informasi kegunaan secara detail dari perabot yang akan didesain dan juga rencana klien untuk memasukkan perabot lain guna mendapatkan korelasi atau keterhubungan. Perabot-perabot tersebut merupakan sebuah partisi, kabinet bawah tangga, kabinet dapur, dan sebuah wardrobe walk-in closet. Keempat perabot tersebut merupakan bagian-bagian dari ruang komunal lantai bawah dan kamar tidur utama.

Dimulai ketika memasuki rumah, sebuah partisi yang berfungsi sebagai penyekat ruang keluarga dengan koridor kamar mandi hadir dengan tampilan semi solid. Partisi ini berguna untuk mengurangi visual ke area kamar mandi. Selain itu, klien juga mengharapkan partisi ini dapat difungsikan menjadi rak buku, dengan persentase 70% untuk buku-buku dan 30% barang-barang dekoratif. Kombinasi material papan kayu dan besi hollow nantinya akan di finishing HPL putih dan motif kayu sehingga partisi ini tidak terlihat terlalu menonjol. Pada beberapa bagian belakang partisi juga ditambahkan expanded metal berangka guna menghalangi barang-barang dekoratif jatuh ke bagian belakang.

Selanjutnya, pada area bawah tangga, dihadirkan kabinet bawah tangga dengan tampilan seamless. Kami juga mencoba untuk menggunakan handleless pada semua rak atau laci agar selaras dengan tampilan rumah yang modern-kontemporer. Dilain sisi, hal ini juga akan mendukung suasana rumah yang tidak menjadi sempit, karena dengan adanya fisik handle, itu akan membuat tampilan dari kabinet terlihat complicated dan penuh. Pada bagian ini, finishing HPL yang sama dengan partisi juga diterapkan dengan tujuan hadirnya keterhubungan yang harmoni dari antar perabot. Memasuki bagian dapur, sebelum melakukan proses desain, pada bagian ini, kami melakukan diskusi yang lebih intens dari perabot lainnya. Data dimensi kulkas, dimensi oven, jenis kompor yang digunakan dan peralatan dapur lainnya dicoba untuk disesuaikan dengan dimensi kabinet sehigga tiap peralatan nantinya dapat fit-in di kabinet dapur.

Klien yang akan menggunakan dua jenis kompor, yaitu kompor gas dan listrik, menuntut adanya ketinggian minimum kompor dengan cookerhood. Sehingga dalam desain kabinet, kami memberi area khusus cookerhood yang lebih tinggi agar cookerhood terkesan tertanam pada kabinet. Microwave juga memiliki area penyimpanan khusus pada bagian kabinet bawah. Kabinet bawah memiliki warna yang berbeda dari sebelumnya, warna smoke grey dihadirkan dengan jenis HPL doff agar tidak monoton.