MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

ARC House - Rumah Kontemporer - Kupang, NTT

ARC House - Rumah Kontemporer - Kupang, NTT

Tampak depan Rumah Kontemporer ARC House

ARC House merupakan rumah 2 lantai yang berdiri di atas lahan dengan luas 216 m² di Kupang. Setelah melakukan diskusi virtual, Bapak Rongki ingin dibuatkan desain bangunan yang luas dengan ruangan-ruangan yang lega untuk dapat memfasilitasi beliau ketika berkumpul bersama teman atau keluarga. Untuk style yang akan digunakan, klien memberi kebebasan kepada kami sebagai perancang.

Teras Rumah Kontemporer ARC House

Di bagian depan terdapat carport berukuran 4,8 x 12 meter yang didesain simpel dengan perpaduan material acian expose, cat, dan batu alam, plafon datar dengan menggunakan GRC berwarna natural untuk memberikan kesan modern dan sejuk. Terdapat taman kecil dan taman vertikal di area belakang untuk penghijauan area carport. Setelah carport kita akan memasuki teras yang memiliki sedikit levelling lantai. Di teras juga terdapat pot tanaman di depan jendela.

Ruangan-ruangan

Lantai 1:

  • Ruang tamu berukuran 2,1 x 4 meter yang berorientasi utama ke area carport dengan 3 jendela bulat sebagai icon dari ARC House sehingga tamu dapat mengobrol dengan pengguna rumah ditemani dengan pencahayaan alami yang unik.
  • Ruang keluarga berukuran 3,2 x 4 meter dengan bukaan besar mengarah ke pot tanaman dan area bawah tangga yang akan digunakan sebagai taman indoor.
  • Dapur dan ruang makan yang didesain dengan konsep Open Plan bersama dengan ruang keluarga. Pada area dapur dan ruang makan terdapat bukaan besar menghadap ke taman belakang sebagai tempat masuknya pencahayaan alami.
  • Kamar mandi dan ruang wastafel dengan bukaan yang baik.
  • Ruang transisi berupa koridor dengan ruang tangga dan pintu menuju taman belakang.
  • Area Private: 2 kamar tidur berukuran masing-masing 3,2 x 4,4 meter dan 3,2 x 4,3 m dengan kamar mandi dalam. Kedua kamar mendapat bukaan dan penghawaan alami yang baik.

Ruang Makan Rumah Kontemporer ARC House

Ruang Makan Rumah Kontemporer ARC House

Sisi Depan Bawah Rumah Kontemporer ARC House

Menuju ke lantai 2 di area tangga, kita akan menemukan bukaan jendela yang cukup besar untuk menerangi area tangga.

Lantai 2:

  • 3 kamar berukuran masing-masing 3,2 x 4,4 meter, 2,6 x 6 meter dan 3,2 x 4,3 meter dengan kamar mandi dalam. Untuk kamar dengan ukuran 2,6 x 6 meter memiliki bukaan yang cukup besar untuk pencahayaan alami dan penghawaan alami sehingga meminimalisir penghawaan buatan.
  • Void untuk memaksimalkan perputaran udara dalam bangunan.
  • Pantry untuk lantai 2 berukuran 2 x 3,5 meter (bersebelahan dengan kamar mandi)
  • Kamar mandi dan ruang cuci jemur berukuran 2,3 x 3,2 meter. Ruang cuci jemur didesain dengan dinding full roster untuk memaksimalkan perputaran udara di dalam ruang namun tetap private.
  • Balkon yang cukup besar berukuran 3,2 x 3,5 meter yang berorientasi ke arah utara untuk mendapatkan view laut. Terdapat akses menuju tangga putar ke rooftop sebagai tambahan tempat bersantai dan untuk maintenance.

Sisi Lain Depan Rumah Kontemporer ARC House

Jika dilihat dari bagian luar, dapat terlihat gaya kontemporer yang kuat dengan penggunaan bentuk-bentuk dan proporsi gubahan yang unik dengan bagian yang berwarna abu-abu sebagai bagian yang menjadi point of interest dari bangunan ini. Penerapan tekstur kayu, material batu alam, dan penggunaan tanaman gantung memberikan kesan sejuk saat melihat bangunan ini. Bentuk yang tegas dengan geometri lengkung di harapkan tetap memberi kesan modern pada bangunan ini. Kami meminimalisir bukaan kaca pada bagian yang menghadap ke barat sehingga kebanyakan bukaan kami letakkan di bagian timur dan selatan bangunan.

Tampak Malam Rumah Kontemporer ARC House Ketika Malam

Tampak Atas Rumah Kontemporer ARC House

Kami menggunakan atap UPVc untuk meminimalkan kemiringan dari atap sehingga tercapai proporsi gubahan yang diinginkan. Penggunaan atap transparan pada area jemur bertujuan untuk memasukkan cahaya alami ke area tersebut. Sebagai pemisah dari dua gubahan dominan, terdapat area tandon dengan dak cukup luas yang dapat difungsikan juga sebagai area maintenance.