MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Embun - Depot Air Minum Modern - Solo, Jawa Tengah

Embun - Depot Air Minum Modern - Solo, Jawa Tengah

Desain Interior tidak hanya terbatas untuk mempercantik rumah tinggal saja, namun penerapan konsep estetika juga bisa diterapkan pada bisnis ritel dengan tujuan marketing untuk menarik minat pengunjung. Kali ini salah satu klien mempercayakan kami untuk mendesain salah satu bisnis ritel miliknya yang akan berlokasi di Solo, Jawa Tengah. Klien kami ini sedang merintis usaha Depot Air Minum dengan konsep kekinian dan branding yang menarik serta modern.

Sebelumnya, kami sudah menerima layout denah terkait lokasi retail yang ingin didesain dan juga melakukan beberapa diskusi dengan klien. Berdasarkan diskusi tersebut, klien menginginkan desain yang cenderung ke arah modern. Selain itu, klien kami juga memiliki beberapa permintaan, yaitu beberapa perabot yang diperlukan untuk menunjang proses pengisian air minum, seperti: area cuci galon, area pengambilan galon isi, lemari display galon dan juga gudang untuk penyimpanan galon.

Sebelum mulai mendesain, kami juga mendapatkan informasi terkait proses pengisian galon yang nantinya akan berpengaruh ke sirkulasi ruang retail yang akan didesain.

Konsep yang kami pilih untuk ritel ini adalah Water Movement. Konsep Water Movement terinspirasi dari Brand Identity nama depot air minum klien ini yaitu “Embun” yang memiliki ciri khas dan dominasi warna biru, serta mengambil inspirasi dari sifat air yang teratur, dinamis, dan berulang.

Tampak Keseluruhan Embun Depot Air Minum Milenial Modern Kekinian

Depot air minum ini, kami bagi menjadi dua area yaitu Front Area dan Back Area yang kami beri batas dengan partisi baru. Front area merupakan area publik yang nantinya akan diakses oleh pengunjung sedangkan Back area merupakan area untuk mesin dan juga area untuk karyawan.

Tampak Depan Embun Air Minum Milenial Modern Kekinian                     Bagian tempat galon yang sudah terisi dan akan dibawa pelanggan

Pada bagian Front Area, kami desain dengan banyak menggunakan elemen lengkung yang diterapkan pada wall panel backgorund, ceiling, front desk, dan kursi duduk untuk pengunjung. Partisi bagian kanan merupakan pick up zone untuk galon yang sudah terisi, dibuat sebuah lubang akses yang berbentuk lengkung dan terhubung langsung dengan area karyawan. Selanjutnya, terdapat logo dari embun yang di desain dengan neon box dan hidden LED yang juga merupakan salah satu permintaan dari klien.

Mesin pengisian air galon dipesankan dari agen alat pengisian air minum yang sudah direkomendasikan oleh klien dan dibuat secara custom sesuai dengan desain dari kami, yaitu area pengisian galon di putar ke arah belakang dengan tujuan agar menjadi satu arah sirkulasi dan tidak menghalangi dan mengganggu akses pengunjung.

Sirkulasi pengisian galon pada desain Embun Depot Air Minum Modern   Sirkulasi karyawan pada desain Embun Depot Air Minum Modern

Lemari display galon dibuat unik dengan rak yang berbentuk silinder dengan ukuran sesuai dengan ukuran galon. Lemari tersebut berfungsi untuk menaruh galon kosong milik pengunjung yang nantinya akan diisi. Lalu, lemari bagian atas merupakan tempat display galon baru dari brand “embun”.

Back Area dari depot ini berisi area pengisian galon oleh karyawan, gudang penyimpanan, dan juga terdapat 3 tandon air untuk pengisian air minum. Akses keluar masuk karyawan dan galon yang akan dihantarkan juga kami pisahkan dengan area pengunjung, yaitu melalui pintu samping yang dibuat lengkung dan ditutup dengan tirai dari PVC. Pada luar area ritel juga terdapat neon box dengan logo “embun” yang berwarna biru.

Tampak depan Embun Depot Air Minum Milenial Modern Kekinian        Tampak depan samping desain Embun Depot Air Minum Milenial Modern