MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

SSN House - Rumah Minimalis - Bontang, Kalimantan Timur

SSN House - Rumah Minimalis - Bontang, Kalimantan Timur

SSN House adalah sebuah desain hunian milik keluarga Bapak Suseno yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur dengan lahan seluas 200 m2 dan luas bangunan sebesar 90,8 m2. Desain ini dirancang berdasarkan layout denah yang sudah dimiliki oleh klien yang merupakan hasil dari kesepakatan beliau dengan salah seorang kontraktor di sana, akan tetapi dikarenakan adanya kendala berupa konsep yang masih belum mengakomodasi apa yang klien butuh dan inginkan, maka kami mendapat kesempatan dipilih sebagai konsultan arsitek oleh beliau untuk menyelesaikan desain  tersebut hingga tahap final. Pada konsep denahnya, rumah ini terdiri dari:

  • Carport
  • Foyer
  • ruang keluarga
  • dapur
  • 1 kamar tidur utama
  • 2 kamar tidur anak
  • 1 kamar mandi utama
  • 1 kamar mandi
  • taman belakang
  • ruang cuci

Desain eksterior rumah minimalis SSN House Bontang Kaltim

Berbekal layout denah dan kebutuhan ruang yang sudah jadi, kami mencoba menggali informasi lebih lanjut dari klien secara lebih spesifik mengenai karakteristik penghuni, gaya bangunan, hingga kondisi iklim setempat yang nantinya akan berperan sebagai acuan dalam mendesain. Melalui brief yang disampaikan, klien memiliki karakteristik yang sangat memperhatikan privasinya, kepribadian inilah yang kami jadikan sebagai prioritas utama dalam mendesain.

Kami merumuskan konsep dari berbagai keinginan beliau menggunakan beberapa kata kunci yang digunakan sebagai guidelines desain, yaitu SSN.  SSN Sendiri merupakan singkatan yang terdiri dari S-Simple, S-Serenity, N-Normal, sekaligus merepresentasikan inisial nama sang owner yaitu Bapak Suseno dengan tujuan agar hunian ini juga lebih melekat dengan identitas karakter penghuninya.

Simple, menjadi kata kunci untuk menghadirkan suasana bangunan yang sederhana dan tidak terlalu memikat perhatian, akan tetapi tetap memiliki eksistensinya tersendiri yang dihadirkan dalam wujud bentuk sederhana geometri kotak dan atap segitiga dan yang minim terhadap ornamen. Bentuk atap yang sederhana ini juga berperan dalam meminimalisir cost agar tidak berlebihan, sehingga lebih efektif dan efisien. Alhasil, terbentuklah tema yang minimalis.

Serenity/Ketenangan, adalah pengalaman ruang yang ingin dihadirkan pada hunian melalui kombinasi warna yang lebih cerah dan melalui adanya unsur alam yang tersusun dengan rapi, sehingga membangun suasana yang tenang. Hal-hal tersebut diimplementasikan melalui pemilihan warna putih dan aksen semen ekspose yang menyerupai tekstur batu, susunan roster, serta landscape taman depan sebagai elemen pembentuknya.  

Normal, dapat diartikan sebagai bangunan sebagaimana mestinya. Walaupun bangunan ini memiliki komposisi yang cukup tidak biasa, seperti pintu masuk yang disembunyikan dan jendela depan yang sedikit, akan tetapi setiap fungsinya tetap dapat terpenuhi dan terkait satu sama lain sebagai satu kesatuan dalam bangunan sebagaimana mestinya.

Desain eksterior rumah minimalis SSN House Bontang Kaltim

Salah satu keunikan dari desain SSN House ini ialah pada fasadnya. Fasad merupakan bagian paling awal yang dapat dilihat dan diakses pada bangunan oleh siapa pun. Sejalan untuk memenuhi kebutuhan privasi penghuni agar tidak terekspose secara langsung oleh lingkungan luar, maka kami implementasikan dengan fasad yang minim terhadap bukaan dan dengan posisi pintu masuk yang diletakkan di belakang “dinding” (sembunyi), sehingga privasi dalam rumah tetap terjaga namun tetap mudah untuk aksesnya.

Kondisi lahan yang memiliki perbedaan ketinggian sekitar 90 cm antara rumah dengan halaman depan juga menjadi potensi yang dapat diolah untuk memberikan ekspresi tersendiri. Pada taman depan, bangunan dirancang akses menanjak menggunakan ramp yang dimiringkan baik secara vertikal maupun horizontal menuju pintu utama melewati rerumputan dan susunan roster yang membangun pengalaman unik ketika masuk ke dalam bangunan. Selain itu, penggunaan akses ramp juga lebih ramah terhadap kalangan siapa pun yang ingin berjalan melewatinya karena perbedaan lantai yang cukup tinggi.

Desain eksterior rumah minimalis SSN House Bontang Kaltim

Ruangan utama dalam bangunan memiliki denah terbuka  atau open plan yang terdiri dari living room, ruang makan, dan dapur yang dapat memungkinkan ruangan menjadi terasa lebih luas, lega, dan fleksibel. Pencahayaan alami dalam bangunan diterapkan melalui penggunaan skylight di bagian foyer sebagai fokus penerangan area depan (foyer dan living room). Penempatan bukaan yang dimaksimalkan pada dinding dapur dan living room pada bagian belakang rumah (yang terhubung langsung ke taman belakang) membuka akses udara dan cahaya alami ke dalam bangunan untuk mendukung kenyamanan thermal di dalam rumah, yang mana hal tersebut juga merupakan strategi untuk mengimbangi minimnya bukaan di bagian depan.