MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

RYS House - Bapak Aris - Jakarta Timur

RYS House - Bapak Aris - Jakarta Timur

Klien kami kali ini berlokasi di Jakarta Timur. Bapak Aris memiliki sebuah rumah 1 lantai di atas lahan seluas 180m2. Beliau menghubungi studio Rancang Reka Ruang untuk merenovasi rumah tinggal ini. Bapak Aris ingin merenovasi fasad bangunan dan juga menambah lantai 2 yang akan di isi dengan master bedroom.

Di awal briefing, klien menginginkan rumah dengan style semi industrial dengan bukaan-bukaan yang baik. Untuk rumahnya sendiri akan menggunakan atap asphalt sebagai penutup atap lantai 2.

Ruang-ruang eksisting di rumah tinggal ini seperti rumah pada umumnya. Dimulai dari bagian paling depan terdapat carport dan taman berukuran 43 m2, lanjut ke bagian dalam rumah terdapat ruang tamu berukuran 2,5m x 4m. Selanjutnya adalah ruang keluarga dengan ukuran 2,8m x 4m. Di lantai 1 terdapat 3 kamar tidur yang masing-masing berukuran 3,5m x 4m, 3m x 3m, dan 3,25m x 3,5m dengan bukaan yang baik untuk penghawaan alami. Lalu ada dapur dan ruang makan dengan total luasan 31 m2. Di lantai 1 terdapat 2 kamar mandi dengan ukuran masing-masing 1,5m x 1,6m dan 2m x 2m. Di lantai 2 kami desainkan ruang santai berukuran 2m x 3m. Lalu 1 master bedroom berukuran 4m x 6m dengan kamar mandi dalam berukuran 1,5m x 3,4m. Terdapat balkon berukuran 1,7m x 4m. Eksisting lantai 2 area belakang terdapat kamar ART dan ruang cuci jemur.

Ketika berbicara mengenai interior, beliau juga menginginkan style semi industrial, hal ini dapat dengan jelas terlihat ketika memasuki bagian lantai dua, penggunaan batu putih tempel dan papan ambalan dengan aksen besi hitam sebagai penopang papan.

Memasuki kamar utama, pengguna nantinya akan disambut dengan susunan lemari dan kabinet tv sebagai koridor kamar. Koridor ini juga sengaja dilayout agar ketika selesai menggunakan kamar mandi, pengguna nantinya memiliki suasana walk-in closet tersendiri dengan privasi yang masih terjaga. Bagian lantai menggunakan vinyl motif kayu serta penggunaan warna gelap pada plafon koridor juga dimaksudkan agar koridor ini memiliki hierarki transisi antara kamar mandi dan area tempat tidur.

Pada bagian utama kamar, yaitu area tidur, terdapat ranjang dengan headboard menerus yang dilengkapi dengan kombinasi permainan material lainnya yaitu bata tempel putih, dan hpl motif kayu yang dilengkapi permainan cahaya LED strip sebagai second lighting ketika tidur. Selain itu, kabinet tv juga menjadi area penyimpanan tambahan serta area pajang barang dekoratif yang bisa digunakan pada kedua sisinya. Kamar mandi dengan bentuk memanjang menggunakan kombinasi dua warna granit tile dan satu motif lainnya, yaitu motif terrazzo pada beberapa bagian dinding. Motif terrazzo ini menjadi penyeimbang kedua warna tersebut, oleh karena itu ditempatkan hanya pada sisi pendek dari kamar mandi

Secara umum style bangunan yang digunakan adalah semi industrial. Penerapan style ini sangat kental terdapat di penggunaan material-material ekspose dan material metal. Gubahan bangunan menggunakan komposisi yang simple dengan penerapan material-material ekspose di beberapa bagian. Komposisi geometri vertical dan horizontal adalah ornamen utama dalam desain kali ini. Komposisi yang coba di hasilkan berusaha agar bangunan terlihat simpel, menarik, dan unik. Kami menggunakan roster pada bagian pagar untuk memberi sebuah point interest.

Penggunaan bata tempel yang dominan pada desain ini untuk memberikan kesan expose material yang kuat. Taman-taman mini di berikan agar bangunan terasa sejuk.

Atap curam digunakan lebih banyak pada bangunan agar meminimalisir maintenance karena atap ini membuat kotoran pada atap langsung terbawa dengan air hujan. Terdapat tandon di area belakang untuk mewadai fungsi rumah tinggal ini.