MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Mez:imr House - Rumah Kontemporer - Wonosobo, Jawa Tengah

Mez:imr House - Rumah Kontemporer - Wonosobo, Jawa Tengah

Mez:imr House merupakan sebuah desain rumah berkonsep split level. Konsep tersebut digunakan supaya mampu memenuhi keinginan kebutuhan ruang yang banyak terhadap site yang tidak terlalu luas. Untuk konsep fasad atau muka bangunannya, klien kami menginginkan rumah berkonsep arsitektur kontemporer yang menonjolkan material-material seperti bata dan kayu.

Pada awal perencanaan, klien menyampaikan bahwa hal yang paling beliau perhatikan pada saat perencanaan adalah grid struktur utama pada bangunan ini. Hal ini bertujuan untuk efisiensi anggaran yang dikeluarkan untuk struktur bangunan. Maka dari itu, hal yang pertama kali dipastikan pada proses perancangan rumah ini adalah grid struktur yang nantinya akan mempengaruhi susunan ruang yang ada di dalam bangunan dan juga fasad bangunannya.

Desain Eksterior Rumah Kontemporer Mez:imr House Jawa Tengah

Setelah grid struktur ditentukan barulah ruang-ruang diplot menyesuaikan dengan grid yang sudah ada. Pada tahap ini, ditemukan bahwa kebetuhan ruang dari owner kurang bisa diakomodasi oleh luasan site perancangan, sehingga untuk mengatasi hal tersebut, kami menerapkan konsep split level pada rumah ini agar nantinya semua kebutuhan ruang owner dapat terpenuhi.

Konsep split level pada rumah ini diterapkan dengan menaikkan sebagian lantai dasar bangunan (Ruang Tamu dan Ruang Keluarga) sebanyak 80 cm dari jalan dan menurunkan sebagian lantai dasar lainnya (Dapur, Toilet, dan Ruang Makan) sebanyak 60 cm dari jalan. Hal tersebut bertujuan untuk memberi jarak sekitar 140 cm antara ruang makan dan ruang tamu, sehingga akan terdapat sisa ruang di atas ruang makan yang bisa dijadikan Kamar Tidur ART dalam bentuk mezzanine.

Ruangan Lantai 1:

  • Ruang Tamu
  • Ruang Keluarga
  • Ruang Makan
  • Dapur
  • Toilet

Split Level:

  • Kamar Tidur ART

Desain Tampak Depan Eksterior Rumah Kontemporer Mez:imr House Jawa Tengah

Ruangan Lantai 2:

  • Kamar Tidur Utama
  • 2 Kamar Anak
  • Ruang Komunal
  • Mushola
  • Ruang Cuci dan Jemur (seberang mushola)

Di atas lantai 2, terdapat loteng yang dijadikan ruang serbaguna yang memiliki akses langsung ke area rooftop yang akan digunakan oleh owner untuk bersantai. Letak loteng ini berada tepat di bawah atap yang membuat plafon dari ruang ini akan berbentuk miring mengikuti bentuk atap. Selain itu, pada bagian loteng ini nantinya akan menggunakan struktur baja untuk mengurangi beban pada bagian atas bangunan. Untuk pemilihan material pada struktur rumah ini juga berdasarkan permintaan klien.

Desain Tampak Depan Eksterior Rumah Kontemporer Mez:imr House Jawa Tengah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk pemilihan style fasad rumah ini, klien menginginkan sebuah rumah dengan gaya kontemporer yang menonjolkan material-material, seperti bata dan kayu. Penerapan kedua material tersebut bisa dikatakan sangat dominan pada desain kali ini.

Dimulai dari material batu bata merah yang sengaja diekspos pada sisi sebelah utara bangunan. Sedangkan untuk material kayu bisa dilihat pada bagian kusen pintu dan jendela bangunan. Untuk menambah rasa elemen kayu pada bangunan ini, pada sisi selatan bangunan diberikan material WPC (Wood Plastic Composite) yang disusun secara linear dan horizontal mengikuti garis yang difungsikan sebagai kanopi untuk jendela. Penyusunan WPC secara berjejer ini juga dimaksudkan untuk memberikan kesan bahwa bangunan ini memiliki bukaan yang besar pada sisi selatan bangunan tersebut.

Pada bagian pagar depan, digunakan kombinasi dari beton, roster, dan juga perforated metal. Selain berfungsi sebagai penambah estetika dan variasi fasad bangunan, kombinasi dari material-material tersebut juga berfungsi untuk membiarkan aliran udara dari depan bangunan bisa masuk melalui celah yang ada pada material seperti roster dan perforated metal tersebut.

Desain Tampak Depan Eksterior Rumah Kontemporer Mez:imr House Jawa Tengah

Pada Mez:Imr House ini juga terdapat sebuah skylight yang berfungsi untuk memasukkan cahaya pada bagian belakang di sisi sebelah utara bangunan. Cahaya dari skylight tersebut nantinya akan masuk melalui celah seperti cerobong yang berada tepat di bawah skylight yang kemudian meneruskan masuknya cahaya ke Ruang Keluarga, Ruang Cuci Jemur, serta bagian loteng.

Desain Tampak Depan Eksterior Rumah Kontemporer Mez:imr House Jawa Tengah

Rumah dengan konsep split level lainnya.