MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Concealed House - Rumah Modern Kontemporer - Jakarta Timur

Concealed House - Rumah Modern Kontemporer - Jakarta Timur

Tampak Luar Desain Eksterior Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Tampak Luar Desain Eksterior Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Concealed House milik Ibu Mirsha merupakan sebuah rumah tinggal 2 lantai yang berdiri di atas lahan seluas 207 m² di Jakarta Timur. Pada awal briefing, klien menginginkan desain rumah dengan campuran dari beberapa style. Namun, style secara keseluruhan cenderung Modern Contemporary.  Rumah ini didesain minim fasad atau muka bangunan pada area masuk sehingga tidak terlihat atau terkesan tersembunyi. Oleh karena itu, rumah ini kami namakan Concealed House. Hal ini juga memunculkan pemikiran untuk memanfaatkan lahan seefisien mungkin dengan memenuhi kebutuhan ruang dengan maksimal. Pada muka bangunan, kami desain dengan permainan bentuk kotak dengan menggunakan material roster merah sebagai vocal pointnya. Pada proyek kali ini, klien kami juga menginginkan untuk didesainkan bagian interiornya.

Terdapat 2 jalan masuk (entrance) pada rumah ini. Enterance pertama dapat kita temui setelah melewati pagar. Di sana kami menghadirkan area taman yang dapat membantu penghawaan alami pada ruang.

Desain Taman Tengah Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Desain Taman Tengah Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Selain itu, pagar rumah bagian belakang kami desain dengan menonjolkan material semen ekspose dengan aksen garis vertikal.

Bagian atap kami desain dengan dominasi atap miring dan bukaan pada beberapa sisi bangunan agar pergantian udara menjadi lancar.

Ketika memasuki rumah, terdapat ruang tamu berukuran 5 m x 2,9 m. Pada ruang tamu ini kami desain dengan kombinasi gaya Scandinavian dan Industrial sehingga membuat ruang tamu terkesan unik. Perpaduan warna pastel dan material bata putih membuat suasana ruang menjadi nyaman dan luas.

Desain Ruang Tamu Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Di sebelah kanan ruang tamu, terdapat ruang makan dan ruang keluarga yang kami desain dengan konsep Open Plan, yaitu menggabungkan beberapa fungsi ruang menjadi satu. Ruang keluarga kami buat seefisien mungkin agar dapat mengakomodasi seluruh anggota keluarga. Di ruangan ini juga terdapat bukaan maksimal yang mengarah langsung ke taman samping dan dinding glass block sehingga memiliki pencahayaan dan penghawaan alami yang baik.

Desain Living Room Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Ruang Keluarga Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Desain Kamar Tidur Orangtua Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Desain Kamar Tidur Orangtua Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Pada lantai bawah, ada beberapa ruangan lain, yaitu kamar tidur orangtua, musholla, dapur bersih, dapur kotor, dan powder room yang merupakan area kamar mandi yang disediakan untuk kebutuhan tamu.  Selain itu, terdapat beberapa service area yang juga bisa diakses dari entrance kedua atau pintu belakang (barat), yaitu area kamar tidur ART dan sopir. Terdapat juga akses untuk menuju ke lantai 2 yang berisi area rooftop dan cuci jemur.

Pada lantai 2 bangunan merupakan private area, terdapat beberapa ruang seperti kamar tidur anak laki-laki, kamar tidur anak perempuan, kamar mandi, kamar tidur utama, dan kamar mandi utama. Kamar Tidur utama kami desain dengan gaya modern minimalis dengan sentuhan kayu pada furniturnya. Selain itu dominasi warna putih juga ditonjolkan untuk memberi kesan ruang yang bersih.

Pada area kamar tidur anak, klien menginginkan desain dengan gaya yang lebih scandinavian dan rustic. Kami desain kan bagian kamar anak dengan kombinasi batu bata putih dan material kayu dengan beberapa tone warna yang lebih berbeda. Kamar mandi lantai 2 kami desain dengan keramik motif bata dengan nuansa putih.

Desain Kamar Mandi Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Desain Kamar Mandi Concealed House Rumah Modern Kontemporer

Selain itu, klien juga meminta adanya area untuk bersantai seperti rooftop untuk tempat duduk, mengobrol, maupun menikmati senja. Oleh karena itu, kami desainkan rooftop dengan gaya yang lebih rustic, menggunakan Trunk Table (meja kayu berbentuk seperti batang pohon) dan stool yang terbuat dari anyaman rotan yang menonjolkan tekstur dari material.