MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

ANDA House - Rumah Tropical Modern - Jakarta Selatan

ANDA House - Rumah Tropical Modern - Jakarta Selatan

Klien kami kali ini berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta. Ibu Naomi memiliki lahan seluas 150 m2. Beliau menghubungi studio Rancang Reka Ruang untuk didesainkan eksterior sebuah rumah tinggal. Ibu Naomi sudah memiliki denah yang sesuai dengan cita-cita beliau, jadi untuk project kali ini hanya butuh didesainkan bagian luar (eksterior) untuk rumahnya. Luasan lahan tersebut seluruhnya akan dibangun rumah tinggal dengan bukaan-bukaan yang baik untuk penghawaan alami.

Desain Eksterior Rumah Tropical Modern ANDA House Jakarta Selatan

Ruang-ruang pada rumah ini didesain kurang lebih seperti rumah pada umumnya. Di lantai 1, terdapat kamar tidur dengan kamar mandi dalam berukuran 3,1x3 m, ruang tamu yang menyatu dengan ruang  makan dan ruang keluarga berukuran kurang lebih 7x7 m, dapur berukuran 4x3m, kamar ART dengan kamar mandinya berukuran 3x3 m, dan yang terakhir ruang cuci jemur dan gudang.

Pada Lantai 2 terdapat kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam dan ruang wardrobe berukuran 4x10 m. Lalu, terdapat 2 kamar tidur yang masing-masing berukuran 3x3,5 m dan 3x3 m. Selanjutnya, pada lantai ini terdapat sebuah ruang komunal berukuran 4x5 m, dan yang terakhir terdapat sebuah kamar mandi luar untuk lantai 2. Untuk ruang-ruang komunal dan ruang tidur sudah didesain cukup baik untuk mendapatkan pencahayaan dan penghawaan alami.

Lantai 1:

  • Kamar tidur dengan kamar mandi dalam
  • Ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga
  • Dapur
  • Kamar ART dengan kamar mandi dalam
  • Ruang cuci jemur dan gudang

Lantai 2 :

  • Kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam dan wardrobe
  • 2 kamar tidur
  • Ruang komunal
  • Kamar mandi

Desain Eksterior Rumah Tropical Modern ANDA House Jakarta Selatan

Pada desain ANDA House ini, kami ingin menghadirkan nuansa tropical modern dengan perpaduan gaya kontemporer yang cukup kuat. Perpaduan 2 gaya tersebut kami desain dengan memaksimalkan desain tropical modern sebagai konsep utama. Lalu, untuk keunikannya kami berikan beberapa elemen kontemporer untuk tetap memberi kesan unik pada bangunan. Bagian depan bangunan sengaja dikurangi bukaannya dan bukaan yang ada pun sengaja ditutupi karena posisi bangunan yang menghadap barat. Terdapat kisi-kisi tekstur kayu dengan frame tebal sebagai shading untuk jendela kamar utama yang cukup besar dan juga berfungsi sebagai estetika dari bangunan. Jendela bulat terdapat pada dinding depan lantai 2 dengan motif bata untuk memberi point of interest pada bangunan. Untuk keamanan bangunan didesainkan pagar dengan konsep yang minimal agar bangunan tetap tampil sebagai poin utama pada project kali ini.

Desain Eksterior Rumah Tropical Modern ANDA House Jakarta Selatan

Atap curam digunakan pada bangunan supaya dapat meminimalisir maintenance karena atap ini membuat kotoran pada atap langsung terbawa dengan air hujan. Pada rumah ini, terdapat tandon untuk mewadahi fungsi rumah tinggal ini.