MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Coffe Shop Mr. Yoyok - Kebumen, Jawa Tengah

Coffe Shop Mr. Yoyok - Kebumen, Jawa Tengah

Klien kami ini kali ini bernama Bapak Yoyok, beliau berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Kebutuhan akan adanya tempat nongkrong anak muda maupun pebisnis memunculkan ide Bapak Yoyok untuk memulai bisnis dibidang ini. Beliau adalah salah seorang pelaku bisnis yang akan memulai usahanya dengan membuka sebuah cofee shop ‘warung kopi’ dengan nama Koffie Me di daerahnya tersebut. 

Beliau menghubungi kami untuk membantu mendesainkan sebuah ruang usaha warung kopi tersebut. Desain yang beliau minta adalah desain eksterior (fasade) bangunan beserta desain interiornya. Luas lahan yang akan kami desain ini adalah 9m x 10m (90m2), sedangkan untuk luas bangunan warung kopi ‘Koffie Me’ ini sendiri adalah 5m x 5m (25m2). Lokasi lahan ini berada pada pojok perempatan jalan yang lumayan ramai sehingga cocok jika dimanfaatkan untuk bisnis dan komersil.

Warung Kopi ‘Koffie Me’ yang akan kami desain ini berkonsep industrial baik pada fasade bangunan maupun interiornya. Dengan penggunaan material-material unfinish (tanpa finishing), perpaduan material logam, warna-warna gelap dan natural kami mencoba memadukannya kedalam desain warung kopi ‘Koffie Me’ ini. Kami mendesain warung kopi ‘mungil’  ini dengan kebutuhan ruang diantaranya adalah minibar, dapur, area makan/minum, kamar mandi, dan tempat parkir.

Fasade (muka bangunan) yang kami desain ini berkonsep industrial. Kami desainkan warung kopi ‘Koffie Me’ ini dengan bentuk simple, sederhana, minimalis dengan perpaduan material unfinish yang dominan. Kami gunakan material dari rangka baja untuk strukturnya yang kami padukan dengan material bata ringan yang difinish dengan plester dan aci. Untuk penutup atap, kami gunakan material baja ringan sebagai rangka dan genteng metal pasir sebagai material penutup atapnya.

Untuk bukaan dari warung kopi ‘Koffie Me’ ini kami desainkan dengan bukaan lebar dari frame alumunium dan kaca. Frame alumunium yang kami gunakan pada desain ini kami pilih frame dengan warna gelap agar kesan menyatu dengan konsep kami. Untuk pagar dari warung kopi ‘Koffie Me’ ini kami desainkan juga dengan bentuk simpel, dan sederhana dan dari material logam (metal hollow).

Area masuk (entrance) dari warung kopi ‘Koffie Me’ ini kami desain pada bagian utara bangunan dengan material frame alumunium dan kaca. Sebelum pengunjung memasuki entrance warung kopi ini, pengunjung kami ajak dahulu untuk menikmati sejuk dan segarnya berbagai tanaman yang kami desain diarea depan entrance warung kopi ini. Rasa penat dan panas akan hilang begitu pengunjung sampai di entrance warung kopi ‘Koffie Me’ ini. Setelah sampai entrance, pengunjung akan langsung disambut di area minibar dan pengunjung bisa langsung memesan minuman/makanan favorit mereka. Pengunjung kemudian akan memilih untuk menunggu dan menikmati pesanan mereka di area minibar ini ataupun di area makan/minum di warung kopi ini. Area makan/minum ini kami desain dengan kombinasi antara meja makan dan kursi biasa dengan kursi sofa agar pengunjung semakin nyaman dan menikmati kopi dengan santai.

Interior dari warung kopi ‘Koffie Me’ ini kami desain dengan konsep industrial yang kami padukan dengan sedikit gaya minimalis modern. Area dapur kami desain dengan bentuk simpel dan sederhana dengan dimensi 60cm x 385cm x 80cm . Kesan perpaduan antara logam dan kayu sangat kuat terlihat pada rak yang kami desain pada bagian atas kabinet dapur. Material unfinish dari dinding ditambah dengan aksen pigura yang kami desain dengan tambahan lampu spot semakin memberi kesan dan mempertegas ruang. Sedangkan untuk penutup lantai dari warung kopi ‘Koffie Me’ ini kami desainkan dengan material unfinish juga. Material dari kitchen set ini kami desain dari material multipleks yang difinishing dengan HPL. Kami sengaja memilih warna corak motif kayu gelap agar kesan industrial di interior warung kopi ‘Koffie Me’ ini semakin terasa hidup.

Untuk desain minibar dari warung kopi ‘Koffie Me’ ini sengaja kami desain menjadi satu dengan area kasir. Hal ini kami lakukan karena keterbatasan ruang pada warung kopi “Koffie Me” ini. Minibar pada warung kopi “Koffie Me’ ini berdimensi 60cm x 305cm x 120 cm. Minibar yang kami desain dari bahan multipleks lapis hpl dengan desain yang simple dan sederhana ini mampu menghidupkan suasana interior warung kopi ‘Koffie Me’. Pada desain minibar ini kami desain dengan 3 seat kursi bar dan 4 buah lampu gantung dengan desain simple dan bergaya industrial.

Pada area makan/minum kami desain dengan bentuk simple dan sederhana juga. Area ini terdiri dari meja berukuran 80cm x 80cm, kursi makan, dan sofa pada bagian kanan area. Pada area ini pengunjung dapat memilih untuk bersantai di kursi maupun sofa. Tidak lupa juga kami desainkan socket stopkontak pada tiap-tiap area makan/minum agar para pengunjung tidak perlu khawatir untuk mengisi baterai gadget mereka.