MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Ruang Bermain Anak di Rumah. Ini Tipsnya! - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 06 Feb 2020 Dibaca: 21 kali


Bermain adalah salah satu cara untuk anak belajar. Dengan bermain juga membantu dalam tumbuh dan berkembang anak, oleh karena itu sebagai orang tua menginginkan anaknya bisa dengan leluasa bermain dan belajar sesuai dengan keinginan sang anak. Orang tua akan memberikan fasilitas penunjang bagi anaknya, salah satunya dapat dengan memberikan fasilitas ruang bermain anak.

 Ruang bermain anak juga akan memberikan wadah tersendiri bagi sang anak untuk leluasa bermain. Untuk menciptakan ruang bermain anak yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan dalam desain ruang bermain anak di rumah anda :

1. Ruang yang Memadai

ea0b1ebf07bea672dc0b92763d518c71

(Sumber : Pinterest.com)

Ruang bermain tidak perlu luas tetapi dapat memenuhi kebutuhan gerak si kecil agar dapat leluasa bermain. Tips untuk menciptakan ruang bermain anak yang memadai adalah dengan memilih furniture yang sesuai dan multifungsi. Dengan furniture yang multifungsi dapat lebih menghemat ruang yang ada dan dapat menunjang anak beraktivitas.

2. Diskusikan Tema dan Desain bersama Anak

2dd091868544b5a8db962b3dd56afca6

(Sumber : Pinterest.com)

Ruang bermain anak dibuat sesuai keinginan dan yang disukai oleh anak. Dengan mendiskusikannya dengan sang anak dapat mendekatkan orang tua dengan sang buah hati karena terjalinnya komunikasi, selain itu anak akan mendapatkan ruang bermain yang sesuai dengan imajinasi mereka.

3. Berikan Ruang Penyimpanan yang Memadai

df1e2f71815076d4dc5e132b5dcb3b04

(Sumber : Pinterest.com)

Ruang bermain anak tentu memiliki berbagai macam mainan di dalamnya, dan pasti membutuhkan tempat penyimpanannya. Sediakan beberapa storage dibeberapa sudut ruangan ataupun pemasangan rak terbuka pada dinding ruang bermain anak, kemudian mainan dapat disusun dengan menyamakan warna maupun bentuk mainan tersebut. Namun, terpenting ruang penyimpanan mainan masih dapat dijangkau oleh si kecil.

4. Memilih Mainan yang Edukatif dan Atraktif

fd942ce961491f9e6da771dbb7f23fda

(Sumber : Pinterest.com)

Mainan anak tentu haruslah yang dapat mendukung tumbuh kembang si kecil, mainan edukatif salah satunya. Dengan mainan edukatif, anak dapat bermain sekaligus belajar. Selain itu, pilihlah mainan yang atraktif karena dapat menunjang kreatifitas dan imajinasi sang anak.

5. Sediakan Alas untuk Bermain Anak

c1a065d7a6f534e4127fdee4b908cae8

(Sumber : Pinterest.com)

Lantai menjadi salah satu arena bermain anak. Lantai mejadi tempat favorit karena anak dapat dengan leluasa bergerak dan melakukan kegiatannya di atas permukaan lantai. Oleh karena itu, alas lantai perlu ada di ruang bermain salah satunya dengan pemberian matras ataupun karpet dengan bahan yang mudah dibersihkan sehingga anak dapat leluasa bermain di atas lantai tanpa khawatir dingin dan kotor. Namun karpet tersebut harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah timbulnya penyakit pada saat anak bermain.

6. Gunakan Material yang Aman

Pilihlah material yang kuat dan kokoh serta bahan material yang tidak mengandung racun/toxic. Selain material pada furniture, ukuran yang digunakan juga memiliki ergonomi yang sesuai untuk ukuran anak sehingga anak dapat bermain dengan aman.

7. Pilih Dekorasi yang Menarik

33c76745475c0ea1b9cc064fa4a60f9c

(Sumber : Pinterest.com)

Dekorasi juga menunjang tampilan ruang bermain anak, gunakan pernak - pernik dekoratif yang sesuai dengan tema ruang bermain anak dan juga kesukaan si kecil. Seperti dinding dengan hiasan dekoratif tokoh kartun favorit, atau dengan warna - warna yang disukai anak.

8. Sirkulasi Udara yang Baik

Penghawaan pada ruang bermain anak juga perlu diperhatikan, dengan bukaan ventilasi maupun dengan jendela yang memadai dan aman bagi anak, bukaan tersebut dapat mengalirkan udara bersih masuk ke dalam rumah selain itu cahaya matahari juga dapat masuk ke dalam ruangan. Namun, jika ruang bermain tidak cukup memiliki bukaan dapat diatasi dengan pemberian pendingin ruangan.

 

Sumber :

www.dekoruma.com/artikel/64914/menata-ruang-bermain-anak

https://fabelio.com/blog/tips-ruang-bermain-anak/

www.popmama.com/life/home-and-living/natasha.ghea/7-tips-merancang-ruang-bermain-anak/full

 


Tags

Artikel Terkait

Menciptakan Ruang Bersantai di Hunian Anda – Jasa Desain Arsitek Jogja

Menciptakan Ruang Bersantai di Hunian Anda – Jasa Desain Arsitek Jogja

Beraktivitas seharian diluar rumah, memang akan sangat melelahkan. Terlebih apabila aktivitas yang kalian lakukan merupakan pekerjaan yang berat. Sebaiknya dirumah disediakan ruang untuk bisa menghilangkan itu semua. Jadi fungsi rumah akan sangat tepat sasaran untuk penghuni. [...]

Diposkan: 09 Jan 2020 Dibaca: 153 kali

Mencari Kos di Jogja? Ini pertimbangannya - Jasa Desain Arsitek Jogja

Mencari Kos di Jogja? Ini pertimbangannya - Jasa Desain Arsitek Jogja

Pada artikel sebelumnya kami sudah pernah membahas mengenai investasi kos di Jogja, Nah kali ini masing mengenai kos namun artikel kali ini khusus buat para siswa/mahasiswa/pekerja yang mencari kos sebagai tempat tinggal sementara di kota perantauan. Kota Yogyakarta yang terkenal sebagai kota ra [...]

Diposkan: 12 Oct 2019 Dibaca: 107 kali

Macam-macam perhitungan fee desain arsitektur - Jasa Desain Arsitek Jogja

Macam-macam perhitungan fee desain arsitektur - Jasa Desain Arsitek Jogja

Saat ini perkembangan pembangunan di Indonesia berkembang dengan pesat hal ini tentunya tidak lepas dari peran arsitek sebagai orang di balik layar pembangunan yang didirikan. Sebagai seorang profesional tentunya arsitek memiliki tarif desain sendiri. Secara umum banyak arsitek yang menetapkan harga [...]

Diposkan: 13 Sep 2019 Dibaca: 249 kali

Mencari Lahan Untuk Membangun Rumah Sederhana - Jasa Desain Arsitek Jogja

Mencari Lahan Untuk Membangun Rumah Sederhana - Jasa Desain Arsitek Jogja

Membangun rumah kecil umumnya lebih rumit daripada merencanakan dan membangun rumah yang besar, karena ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan terkait dengan kehidupan pemilik. Selain dari penyederhanaan dan aspek logistik dari tinggal di rumah sederhana, salah satu pertanyaan utamanya adalah [...]

Diposkan: 11 Aug 2018 Dibaca: 532 kali

Membangun Rumah Murah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Membangun Rumah Murah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Banyak diantara kita yang memimpikan rumah idaman, namun masih dihantui biaya yang besar untuk membangunnya. Untuk mendapatkan kisaran biaya tersebut, kita bisa bertanya kepada kontraktor atau pemborong bangunan mengenai biaya membangun rumah. Banyak versi jawaban dari kontraktor yang akan didapat, [...]

Diposkan: 02 Mar 2018 Dibaca: 11994 kali

Membuat Ruang Terkesan Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Membuat Ruang Terkesan Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Rumah anda berada di lahan kecil? Anda merasa ruangan rumah terlalu penat? Coba baa artikel berikut, bisa menjadi solusi untuk rumah anda... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 531 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: