MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Bistro & Coworking - Ibu Helen

Bistro & Coworking - Ibu Helen

Kebutuhan akan adanya sebuah ruang kerja untuk berkolaborasi antar berbagai bidang ilmu mencetuskan sebuah ide Ibu Helen untuk membuka usaha dibidang ini. Sebelum kita membahas desain coworking dan bistro dari klien kami , yaitu Ibu Helen, sebaiknya kita membahas apa itu coworking. Coworking adalah sebuah gaya bekerja yang melibatkan lingkungan kerja bersama, sebuah kantor dan independent activity. Tidak seperti kantor yang biasanya, orang yang bekerja disini biasanya datang dari organisasi maupun bidang ilmu yang berbeda-beda. Untuk mewadahi aktivitas ini, maka Ibu Helen menghubungi kami untuk  mencoba mendesainkan sebuah coworking space.

Coworking yang akan didesain ini dulunya adalah tempat untuk usaha salon yang berlokasi di Jakarta. Area yang akan kami desain ini berukuran 3,13 m x 5,51 m. Di area eksisting ini terdapat pintu jendela di area depan, jendela di area samping kanan, dan pintu menuju area ruang tamu diarea samping kanan. Tanpa mengubah eksisting kami mencoba mendesain interior coworking dengan konsep minimalis yang kami padukan dengan gaya interior industrial. 

Untuk desain fasade dari coworking ini mengikuti desain fasade bangunan lama, sehingga kami sama sekali tidak mengutak-atik eksisting dari bangunan ini.

Untuk kebutuhan ruang dari coworking ini adalah ruang front office, ruang coworking, dan ruang tunggu. Untuk ruang coworking terdapat 6 meja kerja yang kami susun sehingga terkesan menjadi seperti sebuah meja meeting besar. Di area coworking ini kami desain juga sebuah tv cabinet dan area layar proyektor lcd untuk keperluan presentasi. Di samping kanan dan kiri area ini kami desainkan sebuah backdrop yang terbuat dari mutipleks dan finishing HPL. Semua desain furniture ini kami desain dengan warna dan suasana natural dengan motif kayu pada finishing furniture ini.

Untuk ruang fo (front office) kami desainkan dengan konsep minimalis dengan mendesainkan sebuah meja fo (front office) dan kabinet set (credenza) di belakang meja front office ini. Kami desainkan juga sebuah ruang tunggu dengan furniture berupa pouf (sofa kecil) di area depan meja front office ini. 

Sedangkan untuk bistro dari Ibu Helen yang akan kami desain ini berukuran 2,65 m x 2,68 m. Untuk interior Bistro ini akan kami desainkan dengan konsep industrial. Area bistro ini terdiri dari kitchen dan ruang makan. Karena keterbatasan luas area bistro ini, untuk area kitchen hanya terdiri dari area untuk memasak dan menyajikan makanan. Furniture yang kami desainkan ini terbuat dari material multipleks dan finishing HPL. Untuk top table dari furniture bistro ini kami desainkan dengan top table granit warna gelap sehingga menyatu dengan konsep interior yang kami desainkan. Sedangkan untuk kursi makannya kami desainkan dari bahan material kayu solid. Kami desainkan juga pencahayaan berupa lampu gantung di atas area meja makan dari bistro ini. Desain lampu gantung ini kami pilih desain yang simple dengan warna gelap sehingga kesan industrial dari konsep desain kami semakin hidup.

Untuk desain fasade dari Bistro ini kami desainkan dengan konsep minimalis yang kami padukan dengan industrial sehingga menyatu dengan desain interiornya. Fasade bangunan lama tetap dipertahankan dan kami hanya mengutak-atik dibagian material sehingga terkesan minimalis dan sesuai dengan konsep desain dari kami.

Eksisting area kanan yang dulunya untuk bukaan rollingdoor kami desain dengan frame alumunium dan kaca. Sedangkan eksisting fasade depan yang dulunya juga sebagai rollingdoor kami desainkan sebagai entrance dari bistro ini. Desain untuk entrance ini kami desain dengan bentuk simple dengan material unfinish dan perpaduan frame alumunium dan kaca. Area sebelah kiri bistro ini kami desainkan sebagai bukaan untuk area memasak dari distro dengan material frame alumunium dan kaca. Sedangkan area dinding yang berbatasan langsung dengan ruang tamu tidak kami ubah desainnya, hanya mengganti material menjadi unfinish agar menyatu dengan konsep desain industrial kami.