MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Penerapan Material Kayu Sebagai Interior Rumah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 08 May 2020 Dibaca: 32 kali


Kayu merupakan material alami yang memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki material lainnya diantaranya memiliki corak dan warna yang khas, memberikan nuansa hangat pada interior rumah, dan memunculkan nuansa natural pada interior rumah. Namun, dalam penerapan kayu sebagai material rumah, perlu diperhatikan dalam pemilihan kayu dan finishing kayu tersebut agar kayu tidak mudah lapuk dan dapat bertahan lama.

Terutama pada interior rumah, kayu sering diaplikasikan pada elemen lantai, elemen dinding, elemen plafon, maupun furniture interior rumah juga dapat menggunakan material kayu. Atau bahkan dapat diterapkan secara bersamaan pada elemen - elemen tersebut, namun karena motif kayu begitu kuat untuk mengurangi aksen dari material kayu yang berlebih tersebut dapat diatasi dengan menerapkan warna - warna netral pada furniture, atau jika plafon dan dinding rumah menggunakan kayu maka dinding dapat difinishing dengan warna cat yang netral pula dan dapat juga dengan memasang lampu dengan warna warm white pada ruangan sehingga tercipta keseimbangan dalam ruangan.

fc6758d3d67f206ccfff2add21e76955

(Interiordesignexplained.com)

Dalam memilih kayu yang akan digunakan, pilihlah jenis kayu yang cocok sesuai dengan kegunaannya dan pengaplikasiannya pada hunian, kemudian beberapa jenis kayu memiliki warna dan motif yang unik sehingga dapat menjadi nilai lebih jika diterapkan pada interior rumah. Dan gunakan finishing yang sesuai, semisal dengan finishing waterbased yang transparan untuk tetap menampilkan motif yang ada pada permukaan kayu. Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari material kayu :

1. Kayu lebih ramah lingkungan.

2. Kayu merupakan material yang serbaguna (versatile).

3. Kayu dapat menghadirkan nuansa alam pada ruangan (biophilic design) sehingga dapat meningkatkan kenyamanan.

4. Kayu merupakan material tahan lama jika dirawat dengan tepat.

Sebagai inspirasi dalam merancang desain ruangan anda, berikut beberapa tema yang dapat diterapkan pada interior rumah anda dengan menggunakan material kayu :

1. Tema Skandinavian

48ad307f11c1517e002c4aff684cb07e

(Myscandnavianhome.come)

Scandinavia cocok dipadukan dengan material kayu yang natural dengan kombinasi warna putih ataupun warna netral lainya. Dengan furniture yang tidak berlebih dan ditambah motif dari corak kayu yang ada memberikan sirkulasi yang tidak sempit dan juga ruangan terlihat lebih luas dan natural dengan perpaduan warna putih dan corak kayu.

2. Tema Minimalis

2cbaa35f301a05d886dbf3083e7b511e

(Design-milk.com)

Desain dengan tema minimalis dan menggunakan material kayu dapat memaksimalkan material kayu sesuai dengan fungsinya karena tema minimalis yang mementingkan fungsi. Selain itu, warna yang diterapkan pada ruangan dapat menggunakan warna-warna cerah ataupun gelap dan dengan sedikit aksesoris ataupun profil yang digunakan.

3. Tema Klasik Interior

3cdbecf92c83a0106fa12616b431098c

(Timothy-corrigan.com)

Penggabungan gaya klasik dengan material kayu pada interior terlihat pada penggunaan furniture ruangan dengan model furniture yang dihiasi dengan profil ataupun dengan ukiran yang ada pada kayu sebagai aksen. Selain itu gaya klasik terlihat pada konsep ruangan yang terlihat penuh, berbeda dengan tema scandinavia ataupun minimalis yang menggunakan furniture sesuai dengan fungsinya saja.

4. Desain Interior Kayu Country

866e9fb5cb967590bd26ecf3464e35f8

(Homedesignlover.com)

Desain interior kayu country memadukan material kayu dengan konsep rumah pedesaan gaya Eropa dan Amerika, dengan material kayu yang terlihat menonjol baik itu pada lantai, dinding, ataupun plafon rumah. Selain itu gaya rustic terlihat menonjol dengan material yang terkesan kasar dan memiliki tampilan material seakan - akan tidak difinishing sehingga serat - serat permukaan kayu terlihat.

Sekian ulasan tentang material kayu sebagai interior rumah kali ini, dengan menempatkan material kayu dengan tepat dan memilih jenis kayu yang sesuai akan menghasilkan interior hunian yang unik dan menarik.


Tags

Artikel Terkait

Desain Hunian Gaya “The Federal” - Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain Hunian Gaya “The Federal” - Jasa Desain Arsitek Jogja

Gaya arsitektur The Federal muncul di Amerika Serikat pada akhir 1700-an hingga awal 1800-an. Kata ‘federal’ adalah bentuk representasi Amerika masa periode tahun 1780-1820, yaitu masa ketika desain ini disebut sebagai fase Amerika gaya Adam. Gaya arsitektur ini merupakan evolusi dari gaya Georg [...]

Diposkan: 20 Apr 2020 Dibaca: 37 kali

Desain Hunian Gaya Gothic - Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain Hunian Gaya Gothic - Jasa Desain Arsitek Jogja

Arsitektur gothic (francigenum opus) adalah gaya yang berkembang di Eropa. Gaya ini berevolusi dari arsitektur Romawi dan digantikan oleh arsitektur Reinassance. Istilah “Arsitektur Ghotic” berasal dari abad ke-16 dan awalnya sangat negatif, menunjukkan sesuatu yang biadab. Di Inggris tepatnya p [...]

Diposkan: 11 Apr 2020 Dibaca: 146 kali

Desain Dapur Untuk Gaya Bohemian - Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain Dapur Untuk Gaya Bohemian - Jasa Desain Arsitek Jogja

Bohemian adalah sesuatu yang tidak teratur dan cenderung bebas. Dan ide ini bisa diterapkan untuk desain dapur. Jika Anda ingin memiliki dapur yang cantik dengan desain unik lain dari yang biasanya, Anda bisa memilih dapur dengan gaya bohemian ini. Meskipun sekilas terlihat berantakan tapi dapur den [...]

Diposkan: 09 Apr 2020 Dibaca: 36 kali

Desain Hunian Gaya Post - Modern - Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain Hunian Gaya Post - Modern - Jasa Desain Arsitek Jogja

Timbulnya Post-modernisme disebabkan oleh adanya kritik atau ketidakpercayaan terhadap Modernisme. Modernisme dianggap telah gagal dan telah merusak tatanan kehidupan masyarakat, yaitu kehidupan yang sudah terlalu menjadi individualis. Modernisme dianggap sudah usang dan harus diganti dengan paradig [...]

Diposkan: 29 Feb 2020 Dibaca: 43 kali

Desain Coffee Shop untuk Lahan Sempit - Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain Coffee Shop untuk Lahan Sempit - Jasa Desain Arsitek Jogja

Kopi saat ini menjadi primadona terutama untuk masyarakat Indonesia, kedai kopipun semakin banyak berkembang. Tetapi permasalahan yang dihadapi dalam membuat coffee shop terkadang pada lahan yang tersedia. Untuk sewa lahannya saja pasti akan memakan biaya yang besar, sehingga akan membutuhkan modal [...]

Diposkan: 15 Feb 2020 Dibaca: 133 kali

Desain Gaya Scandinavia - Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain Gaya Scandinavia - Jasa Desain Arsitek Jogja

Scandinavia merupakan istilah dari negara Eropa Utara yang mencangkup Negara Swedia, Norwegia, Denmark, Finlandia, Greenland, dll. Negara - negara tersebut juga disebut Negara Nordik. Masyarakat dari negara Scandinavia memiliki kualitas hidup yang baik, dengan memiliki prinsip “Less Is More” yan [...]

Diposkan: 08 Feb 2020 Dibaca: 38 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: