MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Penerapan Prinsip Tiny House - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 05 Mar 2020 Dibaca: 22 kali


Tiny house telah menjadi sebuah gerakan sosial yang mengembangkan hunian berukuran kecil/mungil. Gerakan ini sangat populer akhir-akhir ini terutama di Amerika Serikat. Tiny house berkembang dengan dasar pemikiran hidup sederhana dalam sebuah rumah berukuran kecil.

Tak bisa dipungkiri keterbatasan lahan sekarang ini menjadi permasalahan serius yang menuntut solusi inovatif. Hal ini menjadikan rumah mini semakin populer karena dianggap sebagai alternatif rumah tinggal yang mampu menjawab permasalahan krisis lahan, harga properti yang tinggi, dan tuntutan jaman yang semakin kompleks.

(sumber:pinterest)

Tiny house sangat mudah diterima di kalangan para pecinta lingkungan karena meminimalisir penggunaan material. Tiny house ditawarkan untuk generasi modern yang menjalani hidup dengan lebih praktis dan sebisa mungkin menjauhkan diri dari kerumitan.

Tiny house dapat memberikan keuntungan yang bisa Anda dapatkan, seperti :

  • Hemat lahan
  • Perawatan yang mudah
  • Memancing Anda untuk berpikir kreatif dan cerdas
  • Melatih Anda untuk hidup lebih efisien
  • Mempermudah komunikasi dan mendekatkan hubungan dengan keluarga

Memiliki rumah dengan ukuran terbatas, berarti memanfaatkan setiap sudut hunian secara cerdas dan maksimal. Tiny house memerlukan perencanaan yang lebih hati-hati dan sangat cermat. Berikut beberapa prinsip yang digunakan pada hunian tiny house.

LESS IS MORE

Mendapatkan kenyamanan meski dalam sebuah ruang kecil mungkin akan menghadirkan persepsi yang susah untuk mendapatkannya. Namun gaya minimalis yang melekat pada rumah-rumah modern masa kini menjadi bukti bahwa untuk mendapatkan kenyamanan bisa dilakukan di rumah-rumah yang kecil.

NIRVANA ESTETIK

Pengelompokan objek sesuai fungsinya akan mempermudah Anda dalam menemukan solusi dan keseimbangan dalam desain dan interior hunian dalam ukuran terbatas, hingga memberikan sebuah nirvana estetika yang mendamaikan.

MIKRO APARTEMEN

Tinggal di hunian yang sempit dapat mengajarkan Anda bagaimana menempatkan sesuatu yang tepat penempatan benda dalam sebuah rumah kecil dan sederhana adalah segalanya.

Gaya hidup mungil mungkin belum tentu cocok untuk semua orang, tetapi prinsip ramah lingkungan dan trik desain yang diterapkan pada tiny house dapat digunakan dalam berbagai jenis bangunan dengan berbagai ukuran. Teori dan prinsip hidup sederhana, penggunaan ruang yang efisien dalam hunian tiny house dapat diterapkan untuk siapa saja terlepas dari ukuran hunian. Berikut beberapa opsi untuk penerapan tiny house untuk hunian Anda :

  1. Ruang penyimpanan di dalam lantai

  • (sumber:pinterest)

Storage di lantai adalah tempat yang sangat cerdas untuk menyembunyikan barang-barang. Maksimalkan ruang antara balok lantai dengan kubus kecil.

  1. Tempat tidur loft

  • (sumber:pinterest)

Jika hunian Anda memiliki langit-langit yang tinggi atau jika membutuhkan kamar anak, loft bed dapat menjadi solusi yang tepat untuk memanfaatkan ruang vertikal di hunian Anda.

  1. Bukaan-bukaan besar

  • (sumber:pinterest)

Buat hunian Anda terasa lebih besar dengan memanfaatkan banyak cahaya matahari yang masuk melalui jendela-jendela dan skylight. Hal ini juga akan menghemat pengeluaran energi listrik yang Anda keluarkan.


Tags

Artikel Terkait

7 Tips Ide Interior Ruang Keluarga agar Tampak Semakin Hidup - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Tips Ide Interior Ruang Keluarga agar Tampak Semakin Hidup - Jasa Desain Arsitek Jogja

Semua tempat dalam rumah itu penting, tapi ada beberapa ruangan yang menjadi center point bagi keluarga. Yaitu ruang keluarga yang menjadi tempat berkumpul, nonton tv, hingga diskusi santai bersama seluruh keluarga. Inilah mengapa pentingnya memiliki desain ruang keluarga yang tidak sekadang menarik [...]

Diposkan: 14 Dec 2019 Dibaca: 106 kali

7 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis Modern - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis Modern - Jasa Desain Arsitek Jogja

Kamar tidur adalah sebuah ruangan terpenting dalam rumah. Tempat ini menjadi tempat istirahat, berpikir, dan merencanakan hari esok. Walau memiliki fungsi yang hampir sama bagi setiap orang, untuk urusan desain, setiap orang memiliki kesukannya masing-masing. Bagaimana dengan Anda? Kamar tidur seper [...]

Diposkan: 12 Dec 2019 Dibaca: 346 kali

7 Tips Desain Taman Modern yang Sejuk nan Hijau - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Tips Desain Taman Modern yang Sejuk nan Hijau - Jasa Desain Arsitek Jogja

Apakah Anda punya beberapa meter tanah kosong yang berada di belakang atau depan rumah? Mengapa tidak dijadikan sebagai taman yang sejuk tapi tetap modern? Jangan dulu bilang sulit, kami akan memberikan 7 desain taman modern yang bisa diaplikasikan di rumah Anda. Fungsi taman tidak hanya sebagai pen [...]

Diposkan: 10 Dec 2019 Dibaca: 134 kali

7 Kriteria Desain Interior Rumah Industrial yang Recommended - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Kriteria Desain Interior Rumah Industrial yang Recommended - Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain rumah adalah komponen penting yang wajib dimiliki sebelum membangun sebuah hunian impian. Desain rumah sendiri merupakan gambaran dari pribadi si pemilik rumah yang dipresentasikan dalam sebuah bangunan. Untuk saat ini, desain interior rumah yang sedang trend adalah konsep industrial. Anda su [...]

Diposkan: 05 Dec 2019 Dibaca: 305 kali

7 Benda Yang Wajib Ada di Ruang Tamu Agar Orang Lain Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Benda Yang Wajib Ada di Ruang Tamu Agar Orang Lain Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Sebagai pemilik rumah, Anda perlu menyiapkan ruang tamu yang nyaman. Ini berguna agar tamu yang datang ke rumah Anda akan merasa betah dan nyaman. Jangan sampai Anda dibuat malu dengan penampilan ruang tamu yang berantakan, sehingga diangap tidak terawat. Untuk memanjakan para tamu, Anda tidak perlu [...]

Diposkan: 28 Nov 2019 Dibaca: 128 kali

7 Tips Desain Dapur Sempit Minimalis Agar Terasa Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Tips Desain Dapur Sempit Minimalis Agar Terasa Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Di zaman sekarang ini dimana menemukan lahan luas untuk membuat sebuah rumah impian rasanya tidak lagi mudah. Sekalipun tersedia lahan kosong besar, harga jual pasti tinggi. Di sini lah kita dipaksa putar otak untuk membuat rumah dengan lahan seadanya, tapi tetap menarik. Seperti dapur yang sejatiny [...]

Diposkan: 27 Nov 2019 Dibaca: 374 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: