MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

7 Tips Ide Interior Ruang Keluarga agar Tampak Semakin Hidup - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 14 Dec 2019 Dibaca: 587 kali


Semua tempat dalam rumah itu penting, tapi ada beberapa ruangan yang menjadi center point bagi keluarga. Yaitu ruang keluarga yang menjadi tempat berkumpul, nonton tv, hingga diskusi santai bersama seluruh keluarga. Inilah mengapa pentingnya memiliki desain ruang keluarga yang tidak sekadang menarik mata, tapi juga nyaman dan hidup.

Berikut ini kami berikan 7 ide untuk interior ruang keluarga Anda. Siapa tahu, setelah mengubah ruang keluarga, kehidupan dalam rumah makin hangat dan menyenangkan!

  1. Menggunakan Perabotan Bertekstur

Sebuah ruangan akan semakin hidup jika perabotan atau ornament di dalamnya memiliki teksur yang bisa dirasakan secara langsung. Seperti bantal berbulu, selimut sofa dengan jahitan kasar, atau meja dan kursi yang dibuat dari kayu yang tidak dihaluskan atau seperti tidak diselesaikan. Saat kita memegang atau meraba permukaan perabotan dan terasa nyata, ini juga menambah kesan hangat pada ruangan.

Selain itu, Anda bisa menambahkan tanaman hijau seperti lidah mertua atau lidah buaya pada pojok ruang agar menjadi penyegaran.

  1. Menonjolkan Unsur Kayu

Bagaimana jika dinding ruang keluarga Anda dilapisi atau menggunakan bahan kayu saja? Terlebih kayu putih, ini akan membuat ruangan tampak modern tapi juga akrab. Namun, jika itu terlalu beresiko untuk Anda, ornamen kayu bisa didaoatkan dari hiasan dinding maupun meja kopi yang diletakkan pada tengah ruang keluarga.

Anda juga bisa menambahkan foto-foto yang dibingkai dengan bingkai kayu yang dipaku pada dinding. Pilih warna terang untuk memberikan kesan ceria di ruang keluarga Anda.

  1. Menambahkan Rak Buku sebagai Pojok Baca

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa ruang keluarga adalah ruang milik semua orang dalam rumah. Jika Anda ingin memberikan sesuatu yang pasti disukai semua orang, tentu yang wajib dimiliki adalah rak buku. Di rak tersebut, Anda bisa minta anak, pasangan, atau keluarga lain untuk meletakkan satu buku kesukaan mereka, lalu Anda bisa ciptakan acara baca buku bersama yang menyenangkan.

Gunakan kayu coklat yang sudah dibuat mengkilap sebelumnya untuk rak buku Anda. Sebaiknya tidak terlalu tinggi agar anak-anak dengan mudah menjangkaunya. Pun demi kenyamanan, Anda bisa menambahkan foot rest pada sofa agar semua bisa merasakan nyaman saat membaca.

  1. Mix and Match Warna

Kami sarankan untuk memadukan warna dalam ruang keluarga Anda. Misalkan dinding yang dicat warna rose pink, kemudian Anda gunakan perabot yang berbahan kuningan, ini akan menjadi satu kesatuan warna yang indah. Atau, saat dinding Anda putih, gunakan karpet berbulu warna hitam yang selain membuat jari kaki hangat, akan membentuk warna monochrome yang menenangkan.

  1. Memasang Jendela Besar

Menggunakan jendela besar cukup disarankan apabila Anda memiliki ruang keluarga yang menghadap langsung keluar rumah atau menghadap taman. Saat pagi, Anda bisa membuka gorden dan membangun mood dengan melihat keluar jendela pun saat malam, mengajak anak-anak menghitung bintang dari balik ruang keluarga akan menjadi aktifitas sederhana tapi tidak terlupakan.

Pun dengan jendela besar, Anda jadi bisa sekaligus hemat energi karena tidak perlu menyalakan lampu untuk menerangi satu ruangan.

  1. Memberikan Lilin

Lilin adalah sebuah aksesoris rumah yang fungsinya tidak hanya sebagai penerang ruangan, tapi juga bisa digunakan sebagai penenang. Tentu jika yang Anda gunakan adalah lilin aroma terapi. Nyalakan lilin saat sedang dingin atau hujan untuk sekaligus memberikan kehangatan dalam ruang keluarga. Apalagi, kini lilin aroma terapi banyak didesain unik sehingga cocok untuk pajangan.

  1. Menambahkan Seni pada Dinding

Agar semakin hidup, menambahkan lukisan pada dinding bisa jadi alternative jitu yang layak dicoba. Anda bisa menggunakan lukisan warna-warni, abstrak, atau malah menggunakan lukisan anak-anak Anda yang kemudian di bingkai jadi seni tak ternilai. Selain membuat terasa makin hidup, dengan adanya lukisan ini, ruang keluarga akan terhidar dari rasa suram.


Tags

Artikel Terkait

Hunian Ekonomis Berkonsep Sustainable Home - Jasa Desain Arsitek Jogja

Hunian Ekonomis Berkonsep Sustainable Home - Jasa Desain Arsitek Jogja

Sekarang ini manusia sangatlah serakah, sumber daya alam tidak dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Sumber daya alam digunakan dengan berlebihan dan semena-mena. Karena setiap manusia pasti memiliki rasa yang tidak pernah puas. Akibatnya tahun mendatang, anak cucu kita tidak akan bisa merasakan d [...]

Diposkan: 23 Nov 2019 Dibaca: 473 kali

Investasi Kost di Jogja - Jasa Desain Arsitek Jogja

Investasi Kost di Jogja - Jasa Desain Arsitek Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih akrab dikenal dengan Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu provinsi yang terdapat di selatan pulau Jawa yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia dan Provinsi Jawa Tengah. Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai Kota Wisata dan Kota Pendidikan, [...]

Diposkan: 19 Sep 2019 Dibaca: 700 kali

Inspirasi Desain Dapur Minimalis - Jasa Desain Arsitek Jogja

Inspirasi Desain Dapur Minimalis - Jasa Desain Arsitek Jogja

Rumah minimalis identik dengan rumah yang simple yang meminimalkan penggunaan material bangunan dan lahan seminimal mungkin namun tetap mengedepankan kenyamanan penghuninya. Pengaturan ruang di rumah minimalis tentunya diatur sedemikian rupa sehingga tetap berjalan secara fungsi serta kenyamanannya. [...]

Diposkan: 18 Mar 2019 Dibaca: 1374 kali

Info : Seputar Lantai Kayu Untuk Hunian  - Jasa Desain Arsitek Jogja

Info : Seputar Lantai Kayu Untuk Hunian - Jasa Desain Arsitek Jogja

Akhir-akhir ini banyak sekali potret hunian yang menggunakan kayu sebagai lantai hunian. Kayu dipandang sebagai bahan yang mudah sekali beradaptasi dengan suhu disekitarnya, sehingga membuatpenghuni didalamnya merasa nyaman. Kayu sudah lama dikenal sebagai material lantai rumah, banyak hunian-hunian [...]

Diposkan: 13 Mar 2019 Dibaca: 606 kali

Tips Memilih Jasa Konsultan Arsitek - Jasa Desain Arsitek Jogja

Tips Memilih Jasa Konsultan Arsitek - Jasa Desain Arsitek Jogja

Rumah merupakan bangunan tempat tinggal yang memiliki fungsi penting bagi keluarga. Rumah menjadi tempat berlindung dan beristriahat setelah seharian beraktivitas diluar rumah. Rumah memiliki fungsi yang sangat penting bagi suatu keluarga, didalam rumah terjadi interaksi intim antar anggota keluarga [...]

Diposkan: 15 Feb 2019 Dibaca: 1017 kali

Harga Borongan Per Meter atau RAB? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Harga Borongan Per Meter atau RAB? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Ingin membangun rumah? Bingung dengan sistem kontrak dengan kontraktor? Dengan borongan, atau cost n fee? Baca artikel berikut untuk menjawab kebingungan anda... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 3292 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: