MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

7 Tips Desain Dapur Sempit Minimalis Agar Terasa Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 27 Nov 2019 Dibaca: 1299 kali


 

Di zaman sekarang ini dimana menemukan lahan luas untuk membuat sebuah rumah impian rasanya tidak lagi mudah. Sekalipun tersedia lahan kosong besar, harga jual pasti tinggi. Di sini lah kita dipaksa putar otak untuk membuat rumah dengan lahan seadanya, tapi tetap menarik. Seperti dapur yang sejatinya memerlukan ruangan besar agar lebih leluasa bergerak.

Namun bagaimana jadinya jika Anda tidak bisa dapatkan lahan besar untuk dapur impian Anda? Tentu ada trik agar dapur jadi tampak lebih luas sekaligus eye catching. Seperti 7 cara siasati dapur sempit agar tampak luas di bawah ini. Berminat coba?

  1. Menggunakan Warna Senada dengan Ruang Sebelumnya

Desain dapur dengan warna dinding dan lantai yang sama dengan warna ruangan disekitar bisa menjadi cara jitu agar terlihat lebih luas. Sebab, jika tiba-tiba ada pergantian warna, ini akan memunculkan sekat tak kasat mata yang bisa membuat tampak lebih sempit.

Namun, jika Anda ingin sesuatu yang berbeda, beri warna dapur dengan warna putih. Kenapa? Karena warna putih dapat memantulkan cahaya dari lampu maupun dari matahari dan dapat membuat dapur terlihat lebih besar dan bercahaya.

  1. Menambah Pencahayaan pada Dapur

Untuk Anda yang sudah terlanjur memiliki dapur yang warnanya gelap, jangan khawatir untuk bisa mendapatkan kesan lebih lebar tanpa perlu melakukan perombakan besar. Coba tambahkan pencahayaan di sana. Bukan dengan lampu, tapi dengan melepas gorden yang ada pada jendela sehingga sinar matahari jadi bisa masuk.

  1. Gunakan Lemari Multifungsi

Dapur akan terasa penuh dan makin kecil apabila barang-barang diletakkan sekenanya di atas meja. Desain dapur Anda dengan berbagai kabinet yang terletak di bagian atas dan bawah kompor sebagai alat penyimpanan barang-barang seperti pisau, panci, dan alat masak lain.

Jangan sampai dapur tampak berantakan karena bisa menyebabkan cidera dan menambah kesan penuh. Pun sebaiknya tidak perlu menggunakan banyak dekorasi pada lemari karena bisa menghilangkan kesan minimalis.

  1. Manfaatkan Rak Gantung

Apabila memasang kabinet terlalu memakan biaya dan tempat, desain dapur Anda dengan rak gantung yang dipasang vertikal. Rak gantung ini tidak hanya bisa digunakan untuk meletakkan piring makan saja, tapi juga sebagai rak pisau agar jauh dari jangkauan anak-anak, untuk meletakkan botol-botol bumbu dapur hingga handuk tangan.

  1. Menambahkan Kaca pada Dapur

Sebelum telanjur, coba tambahkan sebuah kaca berukuran sedang hingga besar di salah satu sisi dapur Anda. Kaca yang berguna sebagai pantulan cahaya dan bayangan ini bisa jadi cara jitu untuk membuat dapur sempit tampak lebih besar. Tidak sampai situ, kaca bisa menjadi hiasan minimalis yang elegan, lho.

  1. Menggunakan Perabotan yang Langsing

Pemilihan perabot juga sebaiknya dipikirkan dengan benar apalagi jika dapur Anda sempit. Alih-alih memilih perabotan yang besar dan membuat penuh ruangan, coba gunakan yang berbentuk langsing dan terbuka. Seperti lemari penyimpanan piring dengan bentuk persegi panjang, kursi bar yang tinggi langsing, dan tempat sampah kecil daripada yang besar bulat.

  1. Menggunakan Efek Garis

Efek garis tidak pernah gagal untuk membuat sebuah ruang tampil lebih luas atau lebih tinggi. Untuk memberi kesan lebar, Anda bisa menggunakan karpet dengan motif horizontal. Namun, jika Anda ingin dapur Anda sekaligus tampak lebih tinggi, pasang wallpaper dengan motif vertikal. Trik visual ini bisa membuat mata jadi mengikuti alur motif dan memberi kesan berbeda dari ukuran aslinya.


Tags

Artikel Terkait

Mencari Kos di Jogja? Ini pertimbangannya - Jasa Desain Arsitek Jogja

Mencari Kos di Jogja? Ini pertimbangannya - Jasa Desain Arsitek Jogja

Pada artikel sebelumnya kami sudah pernah membahas mengenai investasi kos di Jogja, Nah kali ini masing mengenai kos namun artikel kali ini khusus buat para siswa/mahasiswa/pekerja yang mencari kos sebagai tempat tinggal sementara di kota perantauan. Kota Yogyakarta yang terkenal sebagai kota ra [...]

Diposkan: 12 Oct 2019 Dibaca: 1642 kali

Macam-macam perhitungan fee desain arsitektur - Jasa Desain Arsitek Jogja

Macam-macam perhitungan fee desain arsitektur - Jasa Desain Arsitek Jogja

Saat ini perkembangan pembangunan di Indonesia berkembang dengan pesat hal ini tentunya tidak lepas dari peran arsitek sebagai orang di balik layar pembangunan yang didirikan. Sebagai seorang profesional tentunya arsitek memiliki tarif desain sendiri. Secara umum banyak arsitek yang menetapkan harga [...]

Diposkan: 13 Sep 2019 Dibaca: 1044 kali

Menciptakan Ruang Terbuka Hijau di Hunian Anda - Jasa Desain Arsitek Jogja

Menciptakan Ruang Terbuka Hijau di Hunian Anda - Jasa Desain Arsitek Jogja

Rumah merupakan tempat untuk berlindung, beristirahat, ataupun sekedar untuk bersosialiasi dengan keluarga tercinta. Hunian yang nyaman merupakan impian setiap orang, dengan adanya hunian yang nyaman, penghuni didalamnya pun akan merasa betah dan nyaman. Sebagai tempat beristirahat, rumah memerlukan [...]

Diposkan: 02 Mar 2019 Dibaca: 787 kali

Mencari Lahan Untuk Membangun Rumah Sederhana - Jasa Desain Arsitek Jogja

Membangun rumah kecil umumnya lebih rumit daripada merencanakan dan membangun rumah yang besar, karena ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan terkait dengan kehidupan pemilik. Selain dari penyederhanaan dan aspek logistik dari tinggal di rumah sederhana, salah satu pertanyaan utamanya adalah [...]

Diposkan: 11 Aug 2018 Dibaca: 901 kali

Membangun Rumah Murah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Membangun Rumah Murah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Banyak diantara kita yang memimpikan rumah idaman, namun masih dihantui biaya yang besar untuk membangunnya. Untuk mendapatkan kisaran biaya tersebut, kita bisa bertanya kepada kontraktor atau pemborong bangunan mengenai biaya membangun rumah. Banyak versi jawaban dari kontraktor yang akan didapat, [...]

Diposkan: 02 Mar 2018 Dibaca: 12332 kali

Membuat Ruang Terkesan Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Membuat Ruang Terkesan Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Rumah anda berada di lahan kecil? Anda merasa ruangan rumah terlalu penat? Coba baa artikel berikut, bisa menjadi solusi untuk rumah anda... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 983 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: