MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

7 Kriteria Desain Interior Rumah Industrial yang Recommended - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 05 Dec 2019 Dibaca: 2919 kali


Desain rumah adalah komponen penting yang wajib dimiliki sebelum membangun sebuah hunian impian. Desain rumah sendiri merupakan gambaran dari pribadi si pemilik rumah yang dipresentasikan dalam sebuah bangunan. Untuk saat ini, desain interior rumah yang sedang trend adalah konsep industrial. Anda sudah pernah dengar sebelumnya?

Industrial merupakan gaya rumah yang mengusung gaya lampau, dimana komponen rumah dipamerkan keasliannya. Misalkan komponen batu bata, kayu, beton dan lainnya sehingga menimbulkan kesan yang estetik dan tua. Apabila Anda tertarik mengenai desain interior rumah industrial, ada 7 desain interior khas rumah industrial yang kami rekomendasikan untuk Anda. Apa saja ya?

Perpaduan Warna Alami

Untuk mengusung gaya industrial, Anda tidak perlu memberi sentuhan warna yang berlebihan. Justru, rumah gaya ini lebih didominasi menggunakan palet warna yang natural dan alami seperti warna coklat, abu-abu, hitam, atau putih gading. Apabila rumah Anda nantinya tidak terlalu luas, memilih warna natural pada dinding bisa  memberikan kesan yang lebih luas.

Penekanan gaya industrial ini ada pada kesederhanaannya sehingga Anda bisa lebih fleksibel dalam menata rumah sendiri sesuai dengan unsur yang sudah ada. Anda juga bisa membiarkan dinding dengan warna merah bata atau membiarkan unsur betonnya. Jangan takut berkesan muram, justru akan memberi penampilan yang minimalis.

Pilih Bahan yang Sederhana

Jika Anda ingin memberikan karpet pada rumah dengan desain industrial, jangan pilih kain atau bahan yang mahal atau mewah. Memberikan karpet bahan sutra atau dengan warna-warna terang pada konsep industri seperti ini justru akan merusak suasana awal. Alih-alih datang ke mall untuk mengisi perabotan rumah, sebaiknya Anda mencari furniture melalui toko barang antik.

Cari perabotan yang terbuat dari bahan seperti baja, timah, besi, atau kayu yang tidak diplitur halus atau masih kasar sehingga menambah kesan edgy pada rumah Anda. Selain itu, pilih perabot yang multifungsi seperti rak pakaian yang di bawahnya juga terdapat rak penyimpanan. Ini selain bisa menghemat tempat, juga sangat khas dengan konsep industrial.

Aksesoris Perabotan yang Unik

Sebenarnya, industrial adalah teknik mendesain ulang rumah gaya lama agar semakin nyaman dinikmati. Hal ini menunjukkan bahwa pemilik rumahnya adalah seseorang yang cerdik sehingga bisa memanfaatkan barang lama menjadi sesuatu trend yang unik. Namun, ketika rumah Anda adalah baru tapi tetap ingin memberikan kesan industrial, coba siasati dengan aksesoris yang unik.

Langit-langit Terbuka

Khas dari desain rumah industrial dapat dilihat dari atap atau langit-langit rumah yang masih dibiarkan terbuka dan menampilkan elemen kayu, pipa dan lainnya menjadi sesuatu yang menonjol dari dalam rumah. Rumah yang membiarkan langit-langitnya terbuka, akan tampak lebih atraktif meski rumah yang diusung sederhana dan simple.

Pencahayaan Bernuansa Hangat

Pencahayaan juga menjadi komponen penting dalam desain interior rumah industrial. Industrial yang bernuansa hangat, harus didukung dengan lampu LED yang tidak terlalu terang. Walau begitu, pastikan lampu menyoroti bagian-bagian rumah yang ingin menjadi daya pikat dari dalam rumah tersebut.

Tekstur Rumah

Nah, karena rumah Anda bergaya tua, tolong hindari menggunakan perabotan yang mengkilap atau berkesan bersih. Ini akan menjadi penghalangnya tersendiri. Justru, gunakan teksture interior yang masih kasar dan berbulu.

Mix Modern dan Gaya Lampau

Jika Anda tetap memiliki kesan modern dalam rumah desain industrial ini, coba mix pada bagian jendela. Anda bisa memberikan jendela ukuran besar dengan pinggiran yang terbuat dari logam. Atau, pada bagian dapur, Anda bisa menggunakan peralatan canggih, tapi tetap mengekspos batu bata merah yang menyala sebagai keunikannya. 


Tags

Artikel Terkait

5 Desain Ruang Belajar Anak Yang Nyaman Dan Aman - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Desain Ruang Belajar Anak Yang Nyaman Dan Aman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Salah satu penunjang keberhasilan anak dalam belajar adalah ruang belajar yang nyaman. Kita tentu tau, saat anak masih kecil mood belajar mereka masih belum stabil. Terkadang mereka semangat belajar, namun tiba-tiba sama sekali tidak mau belajar. Meski anak sudah menjalani proses pembelajaran di sek [...]

Diposkan: 03 Dec 2019 Dibaca: 877 kali

5 Inspirasi Desain Balkon Yang Cocok Untuk Bersantai Di Sore Hari - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Inspirasi Desain Balkon Yang Cocok Untuk Bersantai Di Sore Hari - Jasa Desain Arsitek Jogja

Jangan biarkan balkon rumah Anda terlihat biasa-biasa saja. Buat lebih menarik dengan desain balkon yang menarik. Umumnya, rumah yang memiliki minimal dua lantai terdapat sebuah balkon di bagian atas. Penambahan interior pada balkon seperti menambahkan bunga – bunga yang berwarna cerah, dengan din [...]

Diposkan: 30 Nov 2019 Dibaca: 878 kali

7 Benda Yang Wajib Ada di Ruang Tamu Agar Orang Lain Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Benda Yang Wajib Ada di Ruang Tamu Agar Orang Lain Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Sebagai pemilik rumah, Anda perlu menyiapkan ruang tamu yang nyaman. Ini berguna agar tamu yang datang ke rumah Anda akan merasa betah dan nyaman. Jangan sampai Anda dibuat malu dengan penampilan ruang tamu yang berantakan, sehingga diangap tidak terawat. Untuk memanjakan para tamu, Anda tidak perlu [...]

Diposkan: 28 Nov 2019 Dibaca: 941 kali

7 Tips Desain Dapur Sempit Minimalis Agar Terasa Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Tips Desain Dapur Sempit Minimalis Agar Terasa Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Di zaman sekarang ini dimana menemukan lahan luas untuk membuat sebuah rumah impian rasanya tidak lagi mudah. Sekalipun tersedia lahan kosong besar, harga jual pasti tinggi. Di sini lah kita dipaksa putar otak untuk membuat rumah dengan lahan seadanya, tapi tetap menarik. Seperti dapur yang sejatiny [...]

Diposkan: 27 Nov 2019 Dibaca: 1440 kali

Apa itu RAB (Rencana Anggaran Biaya)? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Apa itu RAB (Rencana Anggaran Biaya)? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Sering mendengar istilah RAB? Sudah cukup mengerti apa itu RAB? Atau masih belum betul-betul paham tentang RAB? Berikut kami ulas sedikit untuk anda... [...]

Diposkan: 13 Feb 2018 Dibaca: 7396 kali

Agar Suasana Rumah Menyenangkan - Jasa Desain Arsitek Jogja

Agar Suasana Rumah Menyenangkan - Jasa Desain Arsitek Jogja

Bosan dan suntuk dirumah? Atau bahkan sering merasakan emosi negatif? Mungkin anda perlu membaca artikel ini untuk membuat suasana dirumah menjadi menyenangkan... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 1016 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: